PETA PENGEMBANGAN MATERI
KELAS VII MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA
No |
Bab |
Konten/Jenis Teks |
Tujuan Pembelajaran |
1. |
BAB I Jelajah Nusantara |
Teks Deskripsi |
Dengan
memahami, menyimpulkan informasi dalam teks deskripsi, membandingkan unsur, ciri-ciri kalimat, serta mengenali unsur kebahasaan dari teks deskripsi yang dibaca dan
diperdengarkan kepadanya, peserta didik mampu menyajikan deskripsi
suatu benda secara lisan, tertulis, dan audiovisual dengan efektif dan menarik. |
2. |
BAB II Berkelana
di Dunia Imajinasi |
Puisi Rakyat dan
Cerita Fantasi |
Dengan mengenali isi dan unsur puisi rakyat
dan cerita fantasi yang dibaca dan diperdengarkan kepadanya, peserta didik dapat
menelaah penokohan dan alur pada cerita fantasi, kemudian berkreasi dengan puisi rakyat dan cerita fantasi secara baik dan menarik. |
3. |
BAB III Hal yang Baik bagi
Tubuh |
Teks Prosedur |
Dengan menelaah
unsur, ciri kebahasaan, serta jenis kalimat dalam teks prosedur yang dibaca dan
diperdengarkan kepadanya, peserta
didik dapat menyajikan teks prosedur sederhana tentang hidup sehat secara
lisan, tertulis, dan audiovisual secara efektif dan menarik. |
4. |
BAB IV Aksi Nyata pada
Pelindung Bumi |
Teks Berita |
Dengan mengkaji
struktur, ciri, dan keakuratan dalam teks berita eksplanasi yang dibaca dan diperdengarkan kepadanya, peserta didik
mengembangkan literasi informasi dan kecakapan untuk menyajikan
teks berita sederhana dengan baik, menarik, dan akurat. |
5. |
BAB V Membuka Gerbang Dunia |
Teks Tanggapan |
Dengan
mengkaji materi, gambar, dan bagian-bagian buku yang dibaca dan
diperdengarkan kepadanya, peserta
didik mengembangkan apresiasi terhadap buku dan berlatih menyajikan teks
tanggapan lisan, tertulis,
dan audiovisual dengan efektif dan menarik. |
6. |
BAB VI |
Teks Surat |
|
No |
Bab |
Konten/Jenis Teks |
Tujuan Pembelajaran |
|
Sampaikan
Melalui Surat |
|
Dengan mengenali dan mendiskusikan jenis-jenis pesan dan unsur
surat yang dibaca,
peserta didik mengembangkan keterampilan berkomunikasi efektif, santun, dan kritis
secara lisan dan
tulis melalui beragam
media. |
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS
VII
CAPAIAN PEMBELAJARAN AKHIR FASE D |
|
Peserta didik
memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan
bernalar sesuai dengan
tujuan, konteks sosial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan
menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam dan karya
sastra. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan
menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi yang
dipaparkan; Peserta didik
menulis berbagai teks
untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan
lebih terstruktur, dan
menuliskan tanggapannya terhadap paparan dan bacaan
menggunakan pengalaman dan pengetahuannya. Peserta didik mengembangkan kompetensi diri
melalui pajanan berbagai teks penguatan karakter. |
|
Menyimak |
Peserta didik mampu
menganalisis dan mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat
dari berbagai tipe teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk monolog,
dialog, dan gelar wicara. Peserta didik mampu mengeksplorasi
dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar |
Membaca
dan Memirsa |
Peserta didik
memahami informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari
teks deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi
dan eksposisi dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang
tersurat dan tersirat. Peserta didik menginterpretasikan
informasi untuk mengungkapkan simpati, kepedulian, empati atau pendapat pro
dan kontra dari teks visual dan audiovisual. Peserta didik menggunakan sumber informasi lain
untuk menilai akurasi
dan kualitas data serta membandingkan informasi pada
teks. Peserta didik
mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai topik aktual yang dibaca dan dipirsa |
Berbicara dan Mempresentasikan |
Peserta didik
mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk
tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah,
dan pemberian solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog logis,
kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menggunakan
dan mengembangkan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan
kiasan untuk berbicara dan mempresentasikan. Peserta didik mampu menggunakan ungkapan sesuai dengan
norma kesopanan dalam
berkomunikasi. Peserta didik
mampu berdiskusi secara
aktif, kontributif, efektif, dan santun. Peserta
didik mampu menuturkan dan menyajikan ungkapan simpati,
empati, peduli, perasaan, dan penghargaan dalam bentuk teks informasional dan
fiksi melalui teks multimodal. Peserta didik mampu mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai topik
aktual secara kritis |
Menulis |
Peserta didik
mampu menulis gagasan,pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk
berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik juga
menuliskan hasil penelitian menggunakan metodologi sederhana dengan mengutip sumber
rujukan secara etis.
Menyampaikan ungkapan rasa simpati, empati, peduli, dan pendapat pro/kontra
secara etis dalam memberikan penghargaan secara
tertulis dalam teks
multimodal. Peserta didik
mampu menggunakan dan
mengembangkan kosakata baru
yang memiliki makna
denotatif, konotatif, dan kiasan untuk
menulis. Peserta didik
menyampaikan tulisan berdasarkan fakta, pengalaman, dan imajinasi secara indah
dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosa
kata secara kreatif. |
ALUR TUJUAN
PEBELAJARAN KELAS VII MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA
KELAS VII, BAB I JELAJAH NUSANTARA |
||||||
Dengan memahami, menyimpulkan informasi dalam teks deskripsi, membandingkan unsur, ciri-ciri kalimat, serta mengenali unsur kebahasaan dari teks deskripsi yang dibaca dan diperdengarkan kepadanya, peserta didik mampu
menyajikan deskripsi suatu
benda secara lisan,
tertulis, dan audiovisual dengan efektif dan menarik. |
||||||
Tujuan Pembelajaran |
Materi Pokok |
Kegiatan |
Metode |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber |
7.1 Peserta didik
dapat menemukan informasi eksplisit
pada teks deskripsi dan menyimpulkannya melalui kegiatan menjawab pertanyaan 7.2 Peserta didik
mengidentifikasi gaya penulisan
teks deskripsi di media sosial
dengan menuliskan kalimat ungkapan yang menyapa pembaca dengan baik 7.3 Peserta didik
mengembangkan pemahamannya terhadap kata-
kata yang jarang muncul
dengan menemukan arti kata pada
kamus secara mandiri dan tepat. |
1.
Mengakses informasi
dan mengambil simpulan dari teks deskripsi “museum sangiran.” 2. Kata sapaan 3. Menemukan arti kata
menggunakan kamus |
1. Mengakses informasi dan mengambil simpulan dari teks “museum sangiran”. 2. Menggali penulisan
kata teks “museum sangiran”. 3. Menjelajahi arti
kata menggunakan kamus |
Diskusi |
Perbuatan |
3 JP |
Buku Peserta
Didik. Wordpress Laman Badan Bahasa Kemendikbud . Kamus Besar
Bahasa Indonesia. |
7.4 Peserta didik
berlatih menggali gaya penyajian
teks deskripsi yang efektif dan
memikat pembaca sasaran melalui
latihan menuliskan ulang kalimat perincian dan menemukenali kalimat
majas personifikasi. |
1.
Kata konkret 2. Kalimat princian 3. Majas personifikasi |
1. Menyelisik ragam bahasa dalam teks deskripsi. 2. Membaca cermat
untuk menemukan majas personifikasi |
Observasipu sata Sambung kata konkret |
Perbuatan |
3 jp |
Buku Peserta
Didik. Wordpress Laman Badan Bahasa Kemendikbud . Kamus Besar
Bahasa Indonesia. |
7.5 Peserta didik
memaparkan gagasannya dengan
menyajikan deskripsinya
terhadap gambar secara lisan
menggunakan kalimat princian yang memikat. |
Teks deskripsi rumah ibadah
berbagai agama |
1.
Mengamati gambar 2. Mendeskripsikan
gambar secara lisan |
Latihan
Diskusi |
Lisan |
3 JP |
Buku Peserta
Didik. YouTube |
7.6 Peserta didik
menilai efektivitas informasi
dengan berlatih menganalisis deskripsi teks dan visual dalam pamplet dengan kritis. |
1. Menilai efektivitas pamplet wisata “Taklukkan
Puncak Papandayan” dan “Menyelami Keindahan
Green Canyon.” 2. Peluluhan kata |
1. Mendeskripsikan gambar
secara lisan. 2. Membuat vlog |
Gaellery Walk Observasi |
Lisan |
2 JP |
Buku Peserta Didik. Pamlet Wisata Laman Kata
Data |
7.7 Peserta didik
menganalisis ragam teks deskripsi
lisan dengan membandingkan objek
yang dijelaskan, ragam
sapaan, menurut mitra tutur, dan tujuan penutur dengan
baik. 7.8 Peserta didik
menganalisis ragam teks deskripsi lisan dengan membandingkan ciri-ciri kalimat yang menjelaskan objek yang berbeda
dengan baik |
1. Membandingkan informasi lisan dalam “Jelajah Wae Rebo” dan “Jelajah Rasa
di Lampung”. 2. Ciri-ciri Objek 3. Kalimat perinci 4. Kata konkret |
1. Menyimak teks
deskripsi lisan. 2. Membandingkan informasi lisan dilihat dari
objek yang dijelaskan, ragam sapaan, mitra tutur,
dan rujuan penutur. 3. Membandingkan
ciri-ciri kalimat yang menjelaskan
objek yang berbeda. |
Diskusi Observasi (pengamata n langsung) |
Tertulis |
3 JP |
Buku Peserta
Didik. Alam sekitar Pengalaman Pribadi YouTube |
7.9 Pesert didik menyajikan teks deskripsi dengan baik melalui latihan
menyunting penggunaan huruf
kapital, tanda titik, tanda |
Menyunting Huruf Kapital, tanda titik
dan koma, serta penulisan kata
depan dalam teks |
1.
Membaca teks deskripsi. 2. Mengenali tanda
baca dalam teks
deskrips. 3. Menyunting huruf kapital, tanda titik dan |
Observasi pustaka Latihan Diskusi |
Tertulis |
3 JP |
Buku Peserta
Didik. Laman Badan Bahasa |
koma, serta
kata depan dalam
kalimat dengan tepat. |
“Berkunjung ke Negeri di
atas Awan”. |
koma, serta penulisan kata
depan dalam teks |
|
|
|
Kemendikbud . Media Cetak |
7.10 Peserta didik mampu menulis teks deskripsi sederhana dengan
berlatih menjelaskan benda kesukaannya
dengan baik sesuai dengan konteks dan pembaca. |
Mengembangkan kerangka karangan bertema benda kesukaan |
1. Menyusun kerangka kara gan/teks
bertema benda kesukaan 2. Memaparkan ciri
benda kesukaan. |
Latihan |
Produk |
3 JP |
Buku Peserta
Didik. Laman Badan Bahasa Kemendikbud . |
7.11 Peserta didik memahami paparan orang lain dengan gestur
yang baik dan menghargai dengan berlatih menilai
paparan lisan teman. |
Menilai efektitivitas penyajian deskripsi lisan |
1. Menyimak paparan
teman. 2. Menilai paparan
teman. |
Diskusi |
Lisan |
3 JP |
Buku Peserta
Didik. YouTube Media
Elektrinik |
BAB II BERKELANA DI DUNIA IMAJINASI |
||||||
Dengan mengenali isi
dan unsur puisi
rakyat dan cerita fantasi
yang dibaca dan
diperdengarkan kepadanya, peserta didik dapat menelaah
penokohan dan alur pada
cerita fantasi, kemudian berkreasi dengan puisi
rakyat dan cerita fantasi secara
baik dan menarik. |
||||||
Tujuan Pembelajaran |
Materi Pokok |
Kegiatan |
Metode |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber |
7.1 Peserta didik mengungkapkan pemahamannya terhadap cerita rakyat
(dongeng/legenda) |
1. Mengakses informasi dan mengambil simpulan dari cerita fantasi “asal-usul gunung
tugel” yang ada di
daerah Sragen. |
1. Mengakses informasi dan
mengambil simpulan dari cerita
fantasi “asal- usul gunung tugel” yang
ada di daerah Sragen. |
Diskusi
daring |
Tertulis |
3 jp |
Buku Peserta
Didik. YouTube Media
Elektrinik |
7.2 Peserta didik mampu mengidentifikasi cerita fantasi
(Tema, Watak,Tokoh,alur, dan latar tempat) yang ada di dalam cerita fantasi. |
1. Menceritakan kembali isi cerita fantasi yang di baca/ di dengar. 2. Memamahi dan Menentukan Tema 3. Menentukan watak 4. Menentukan alur 5. menetukan tokoh 6. menentukan latar
di dalam cerita |
1. Menceritakan kembali isi cerita “asal-
usul gunung tugel” yang di baca/
di dengar. 2. Menentukan Tema 3. Menentukan watak 4. Menentukan alur 5. menetukan tokoh 6. menentukan latar di dalam cerita asal-
usul gunung tugel. |
Diskusi
daring |
proyek |
3JP |
Buku Peserta
Didik. YouTube Media
Elektrinik |
7.3
Peserta didik
mampu mengeksplorasi dan
mengevaluasi berbagai keajaiban
yang muncul di dalam cerita fantasi. |
Mengidentifikasi keajaiban/kejadian yang ajaib
yang muncul di dalam cerita. |
Mengidentifikasi keajaiban/kejadian yang ajaib
yang muncul di dalam cerita.”Tukang Sepatu
dan Liliput” |
Diskusi
daring |
tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
7.4 Peserta
didik mampu menulis cerita fantasi
yang ada di daerah setempat/ di nusantara |
Menyajikan cerita fantasi yang bertema legenda/mitos di daerah setempat/nusantara |
1. Menyusun kerangka kara gan/cerita fantasi yang ada di daerah setempat. 2. Menyajikan cerita
fantasi yang ada di daerah setempat/nusantara |
Diskusi
daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
7.5 Peserta
didik mampu menggunakan dan
mengembangkan kosa kata |
Menelaah
penggunaan bahasa pada cerita fantasi |
1. Penggunaan kata
ganti nama orang sebagai sudut pandang 2. Penggunaan kata kias dalam
cerita |
Diskusi
daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
7.6 Peserta didik
mampu menelaah struktur cerita fantasi. |
Menelaah struktur cerita fantasi |
Menelaah struktur orientasi, rkomplikasi |
Diskusi daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta Didik. |
|
Menentukan Orientasi, komplikasi, dan resolusi |
dan resolusi di dalam cerita “sapi berganti kulit” |
|
|
|
Website dan Media
Elektrinik |
BAB III
HAL YANG BAIK
BAGI TUBUH |
||||||
Dengan menelaah unsur, ciri kebahasaan, serta jenis
kalimat dalam teks
prosedur yang dibaca
dan diperdengarkan kepadanya, peserta didik dapat menyajikan teks prosedur sederhana tentang hidup
sehat secara lisan,
tertulis, dan audiovisual secara efektif dan
menarik |
||||||
Tujuan Pembelajaran |
Materi Pokok |
Kegiatan |
Metode |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber |
7.1 Peserta didik
berlatih mengakses informasi dan
membuat simpulan dengan menjawab
pertanyaan terhadap teks “Tip Sehat dan Bugar
di Masa Remaja” dengan baik. |
. Memahami isi teks prosedur |
. Memahami isi teks prosedur |
Daring |
Lisan |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
7.2 Peserta didik berlatih mengakses informasi dan menilai materi bacaan dengan menghubungkan materi tersebut dengan pengalamannya secara
relektif. 7. 3 Peserta didik mengenali ciri teks prosedur dengan membandingkan tujuan penulisan pada dua teks prosedur
dengan baik. |
Menyimpulkan isi teks
prosedur Mengenali tujuan teks
prosedur |
Menyimpulkan isi teks
prosedur Mengenali tujuan teks
prosedur |
Daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
7.4 Peserta
didik mampu mengidentifikasi cara membuat
makanan/ minuman/tarian khas
daerah setempat |
Mengeidentifikasi tujuan teks prosedur Mengeidentifikasi ciri- ciri teks
prosedur Mengeidentifikasi fungsi
teks prosedur |
Mengidentifikasi cara membuat makanan/
minuman/tarian khas
daerah setempat “Kripik Tempe” |
Daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
7.5 Peserta didik
mampu Mengidentifikasi alat,
bahan dan langkah-langkah dalam
membuat teks prosedur |
Mengeidentifikasi
alat dan bahaan apa saja yang di gunakan di dalam membuuat teks prosedur |
menyusun alat
dan bahan apa saja yang akan di
gunakan di dalam membuat “nasi Goreng” |
Daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
7.6 Peserta didik mampu Melakukan percobaan membuat makanan/minuman. |
Menuliskan
langkah- langkah dalam dalam teks
prosedur |
Menuliskan cara membuat makanan/minuman khas
daerah setempat |
Daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
7.6 Peserta
didik mampu menggunakan dan
mengembangkan kosa kata da kaidah kebahasaan teks prosedur. |
Menemukan struktur dan kaidaah kebahasaan teks prosedur |
Menelaah struktur teks prosedur
bagian pendahuluan (tujuan) Alat dan bahan (material) Langkah-langkah simpulan |
Daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
7.8 Peserta didik mampu Mengeksplorasi beberapa jenis-jenis teks proedur |
Mengidentifikasi jenis- jenis
teks prosedur. |
Mengidentifikasi jenis- jenis teks prosedur dari segi tujuan dan penyajian. |
Daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
BAB IV AKSI NYATA
PELINDUNG BUMI |
||||||
Dengan mengkaji struktur, ciri, dan keakuratan dalam teks berita eksplanasi yang dibaca dan diperdengarkan kepadanya, peserta didik mengembangkan literasi informasi dan
kecakapan untuk menyajikan teks
berita sederhana dengan
baik, menarik, dan akurat. |
||||||
Tujuan Pembelajaran |
Materi Pokok |
Kegiatan |
Metode |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber |
7.1 Peserta
didik menerapkan strategi memahami teks
berita eksplanasi dengan |
Memahami isi berita dengan strategi prediksi |
Memahami isi berita dengan strategi prediksi |
Daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta Didik. |
mengonirmasi prediksi yang telah dibuatnya dengan tepat. |
|
|
|
|
|
Website dan Media
Elektrinik |
7.2 Peserta didik berlatih menerapkan strategi kosakata dengan menemukan arti kata pada kamus atau ensiklopedia dengan mandiri. |
Mencari kosakata baru untuk
memahami berita |
Mencari kosakata baru untuk
memahami berita |
Daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
7.3 Peserta didik mengenali ragam
berita dalam jenis media yang
berbeda dengan membandingkan itur berita |
Mengenali ragam berita dalam jenis media yang berbeda |
Membandingkan berita
cetak dan digital |
Daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
7.4 Peserta didik mengenali fitur dalam teks berita audiovisual dengan menyimpulkan informasi dan menemukenali itur di dalamnya dengan baik. |
Mengenali fitur dalam teks berita audiovisual dengan menyimpulkan informasi |
Menganalisis berita
audiovisual |
Daring |
Proyek |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
7.5 Peserta didik menyimpulkan perbandingannya terhadap berita pada ragam media dengan membandingkan teks pada judul, teras, dan isi berita cetak, daring, dan audiovisual dengan
jeli. |
Membandingkan teks pada
judul, teras, dan isi berita
cetak, daring, dan audiovisual
dengan jeli |
Mengidentiikasi unsur berita
di berbagai media |
Daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
7.6 Peserta
didik memperdalam pengetahuan
tentang unsur kebahasaan dalam teks
berita eksplanasi dengan menandai
jenis kalimat dalam teks berita tersebut
dengan teliti. |
Memperdalam pengetahuan
tentang unsur kebahasaan dalam teks berita eksplanasi dengan menandai jenis kalimat
dalam teks berita |
Mencermati unsur kebahasaan dalam berita
eksplanasi |
Daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
7.7 Peserta didik mengembangkan keterampilan memilah informasi dengan kritis dengan menganalisis kevalidan sumber berita
dengan kritis. |
Mengembangkan keterampilan memilah informasi |
Menganalisis sumber berita |
Daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
7.8 . Peserta didik berlatih menyampaikan informasi secara sistematis,
terstruktur, dan efektif melalui
kegiatan menulis teks berita sederhana dengan baik dan
akurat. |
Menyampaikan informasi
secara sistematis, terstruktur,
dan efektif |
Menulis berita |
Daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
BAB VI TEKS SURAT |
||||||
Dengan mengenali dan mendiskusikan jenis-jenis pesan dan unsur
surat yang dibaca,
peserta didik mengembangkan keterampilan berkomunikasi efektif, santun, dan kritis
secara lisan dan
tulis melalui beragam media. |
||||||
Tujuan Pembelajaran |
Materi Pokok |
Kegiatan |
Metode |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber |
7.1 Peserta didik melatih kemampuannya mengakses informasi dan menganalisis tujuan penulisan surat melalui kegiatan menjawab pertanyaan secara tepat. |
Mengakses informasi dan
menganalisis tujuan penulisan
surat melalui kegiatan menjawab pertanyaan secara tepat |
Menganalisis isi dan tujuan dalam surat pribadi |
Daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
7.2 Peserta
didik mengenal surat resmi dengan menganalisis bentuk, isi bahasanya |
surat resmi
dengan menganalisis bentuk, isi |
Menganalisis isi dan tujuan dalam surat
resmi |
Daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta Didik. |
dan membandingkannya dengan surat pribadi dengan baik. |
bahasanya dan membandingkannya dengan surat pribadi dengan baik. |
|
|
|
|
Website dan Media
Elektrinik |
7.3 Peserta didik memahami isi surat resmi dengan berlatih menggunakan kosakata baru
dalam beragam konteks
dengan baik |
Memahami isi surat resmi
dengan berlatih menggunakan
kosakata baru dalam beragam konteks |
Membedah kosakata dalam surat resmi. |
Daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
7.4 Peserta didik membandingkan surat pribadi dan surat resmi dengan menemukenali perbedaan bentuk, unsur, tujuan, serta aspek kebahasaan dalam surat
pribadi dan surat
resmi dengan teliti. |
Membandingkan surat pribadi
dan surat resmi dengan menemukenali perbedaan bentuk, unsur, tujuan, serta aspek kebahasaan dalam surat pribadi
dan surat resmi dengan teliti |
Membandingkan surat pribadi dan surat
resmi |
Daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
7.5 Peserta didik mendiskusikan perbandingan surat pembaca dan surat resmi dengan merujuk kepada informasi pendukung, yaitu aspek surat, dengan baik. |
Mendiskusikan perbandingan
surat pembaca dan surat resmi dengan merujuk kepada informasi pendukung, yaitu aspek surat, dengan baik. |
Mencermati isi surat pembaca |
Daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
7.6 Peserta didik mengenali konteks dan mitra bincang dalam kegiatan komunikasi dengan menganalisis kata sapaan untuk pembicaraan di media sosial dengan
baik. |
Mengenali konteks dan mitra
bincang dalam kegiatan komunikasi dengan menganalisis kata sapaan untuk pembicaraan di media sosial dengan
baik |
Mengenal kata sapaan |
Daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
7.7 . Peserta didik memahami unsur kebahasaan dalam surat dengan menandai penggunaan pronomina dalam surat pembaca, surat resmi, surat pribadi, dan pesan di media sosial yang telah dibacanya. |
Menandai penggunaan pronomina dalam
surat |
Menandai penggunaan pronomina dalam surat |
Daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
7.8 Peserta didik berkomunikasi
secara tertulis dengan menulis
pesan secara ringkas dan
santun. |
Mengenal kata baku dan tidak baku |
Mengenal
kata baku dan
tidak baku |
Daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
7.9 a. Peserta didik berlatih menulis surat resmi dengan melengkapi draf surat dengan
kosakata baku yang tepat |
Menulis surat
resmi |
Menulis surat resmi |
Daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
7.9 bPeserta didik berlatih berkomunikasi secara tertulis sesuai tujuan dan
konteks dengan menulis surat
pribadi kepada seorang sahabat
menggunakan pilihan kata yang
tepat dan santun. |
Menulis surat
pribadi |
Menulis surat pribadi |
Daring |
Tertulis |
3JP |
Buku Peserta
Didik. Website dan Media
Elektrinik |
Keterangan :
* Pada setiap penyajian materi dapat dipilih Profil Pelajar Pancasila
yang sesuai.
** Format
dan pertemuan serta jumlah
jam pembelajaran dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik.
Tangen, 15 Agustus 2021
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Matapelajaran
Tri Wahyuni, S.Pd.,M.Pd. Dea Nita
Wardani, S.Pd.
NIP.1971022319941220022 NIP. _-