PETA PENGEMBANGAN MATERI KELAS VII MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

 





PETA PENGEMBANGAN MATERI KELAS VII MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

 

No

Bab

Konten/Jenis Teks

Tujuan Pembelajaran

 

1.

 

BAB I

Jelajah Nusantara

 

Teks Deskripsi

 

Dengan memahami, menyimpulkan informasi dalam teks deskripsi, membandingkan unsur, ciri-ciri kalimat, serta mengenali unsur kebahasaan dari teks deskripsi yang dibaca dan diperdengarkan kepadanya, peserta didik mampu menyajikan deskripsi suatu benda secara lisan, tertulis, dan audiovisual dengan efektif dan menarik.

 

2.

 

BAB II

Berkelana di Dunia Imajinasi

 

Puisi Rakyat dan Cerita Fantasi

 

Dengan mengenali isi dan unsur puisi rakyat dan cerita fantasi yang dibaca dan diperdengarkan kepadanya, peserta didik dapat menelaah penokohan dan alur pada cerita fantasi, kemudian berkreasi dengan puisi rakyat dan cerita fantasi secara baik dan menarik.

 

3.

 

BAB III

Hal yang Baik bagi Tubuh

 

Teks Prosedur

 

Dengan menelaah unsur, ciri kebahasaan, serta jenis kalimat dalam teks prosedur yang dibaca dan diperdengarkan kepadanya, peserta didik dapat menyajikan teks prosedur sederhana tentang hidup sehat secara lisan, tertulis, dan audiovisual secara efektif dan menarik.

 

4.

 

BAB IV

Aksi Nyata pada Pelindung Bumi

 

Teks Berita

 

Dengan mengkaji struktur, ciri, dan keakuratan dalam teks berita eksplanasi yang dibaca dan diperdengarkan kepadanya, peserta didik mengembangkan literasi informasi dan kecakapan untuk menyajikan teks berita sederhana dengan baik, menarik, dan akurat.

 

5.

 

BAB V

Membuka Gerbang Dunia

 

Teks Tanggapan

 

Dengan mengkaji materi, gambar, dan bagian-bagian buku yang dibaca dan diperdengarkan kepadanya, peserta didik mengembangkan apresiasi terhadap buku dan berlatih menyajikan teks tanggapan lisan, tertulis, dan audiovisual dengan efektif dan menarik.

 

6.

 

BAB VI

 

Teks Surat

 


 

No

Bab

Konten/Jenis Teks

Tujuan Pembelajaran

 

Sampaikan Melalui Surat

 

Dengan mengenali dan mendiskusikan jenis-jenis pesan dan unsur surat yang dibaca, peserta

didik mengembangkan keterampilan berkomunikasi efektif, santun, dan kritis secara lisan dan tulis melalui beragam media.


ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN AKHIR FASE D

Peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam dan karya sastra. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi yang dipaparkan; Peserta didik menulis berbagai teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur, dan menuliskan tanggapannya terhadap paparan dan bacaan menggunakan pengalaman dan

pengetahuannya. Peserta didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan berbagai teks penguatan karakter.

Menyimak

Peserta didik mampu menganalisis dan mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan

yang akurat dari berbagai tipe teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar

Membaca dan Memirsa

Peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari teks deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi dan eksposisi dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik menginterpretasikan informasi untuk mengungkapkan simpati, kepedulian, empati atau pendapat pro dan kontra dari teks visual dan audiovisual. Peserta didik menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan

informasi pada teks. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai topik aktual yang dibaca dan dipirsa

Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menggunakan dan mengembangkan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk berbicara dan mempresentasikan. Peserta didik mampu menggunakan ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik mampu berdiskusi secara aktif, kontributif, efektif, dan santun. Peserta didik mampu menuturkan dan menyajikan ungkapan

simpati, empati, peduli, perasaan, dan penghargaan dalam bentuk teks informasional dan fiksi melalui teks multimodal. Peserta didik mampu mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai topik aktual secara kritis

Menulis

Peserta didik mampu menulis gagasan,pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik juga menuliskan hasil penelitian menggunakan metodologi sederhana dengan mengutip sumber rujukan secara etis. Menyampaikan ungkapan rasa simpati, empati, peduli, dan pendapat pro/kontra secara etis dalam memberikan penghargaan secara tertulis dalam teks multimodal. Peserta didik mampu menggunakan dan mengembangkan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk menulis. Peserta didik menyampaikan tulisan berdasarkan fakta, pengalaman, dan imajinasi secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosa kata secara kreatif.


ALUR TUJUAN PEBELAJARAN KELAS VII MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

 

KELAS VII, BAB I JELAJAH NUSANTARA

Dengan memahami, menyimpulkan informasi dalam teks deskripsi, membandingkan unsur, ciri-ciri kalimat, serta mengenali unsur kebahasaan dari teks deskripsi yang dibaca dan diperdengarkan kepadanya, peserta didik mampu menyajikan deskripsi suatu benda secara lisan, tertulis, dan audiovisual dengan

efektif dan menarik.

Tujuan Pembelajaran

Materi Pokok

Kegiatan

Metode

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

7.1    Peserta didik dapat menemukan informasi eksplisit pada teks deskripsi dan menyimpulkannya melalui kegiatan menjawab pertanyaan

7.2  Peserta didik mengidentifikasi gaya penulisan teks deskripsi di media sosial dengan menuliskan kalimat ungkapan yang menyapa pembaca dengan baik

7.3  Peserta didik mengembangkan pemahamannya terhadap kata- kata yang jarang muncul dengan menemukan arti kata pada kamus secara mandiri dan tepat.

1.      Mengakses informasi dan mengambil simpulan dari teks deskripsi “museum sangiran.”

2.      Kata sapaan

3.      Menemukan arti kata menggunakan kamus

1.      Mengakses informasi dan mengambil simpulan dari teks “museum sangiran”.

2.      Menggali penulisan kata teks “museum sangiran”.

3.      Menjelajahi arti kata menggunakan kamus

Diskusi

Perbuatan

3 JP

Buku Peserta Didik.

 

Wordpress Laman Badan Bahasa Kemendikbud

.

 

Kamus Besar Bahasa Indonesia.

7.4 Peserta didik berlatih menggali gaya penyajian teks deskripsi yang efektif dan memikat pembaca sasaran melalui latihan menuliskan ulang kalimat perincian dan menemukenali kalimat majas personifikasi.

1.      Kata konkret

2.      Kalimat princian

3.      Majas

personifikasi

1.      Menyelisik ragam bahasa dalam teks deskripsi.

2.      Membaca cermat untuk menemukan majas personifikasi

Observasipu sata

 

Sambung kata konkret

Perbuatan

3 jp

Buku Peserta Didik.

Wordpress Laman Badan Bahasa Kemendikbud

.

Kamus Besar Bahasa Indonesia.


 

7.5 Peserta didik memaparkan gagasannya dengan menyajikan deskripsinya terhadap gambar secara lisan menggunakan kalimat princian yang memikat.

Teks deskripsi rumah ibadah berbagai agama

1.      Mengamati gambar

2.      Mendeskripsikan gambar secara lisan

Latihan Diskusi

Lisan

3 JP

Buku Peserta Didik.

YouTube

7.6 Peserta didik menilai efektivitas informasi dengan berlatih menganalisis deskripsi teks dan visual dalam pamplet dengan kritis.

1.      Menilai efektivitas pamplet wisata

“Taklukkan Puncak Papandayan” dan “Menyelami Keindahan Green Canyon.”

2.      Peluluhan kata

1.      Mendeskripsikan gambar secara lisan.

2.      Membuat vlog

Gaellery Walk Observasi

Lisan

2 JP

Buku Peserta Didik.

Pamlet Wisata Laman Kata Data

7.7  Peserta didik menganalisis ragam teks deskripsi lisan dengan membandingkan objek yang dijelaskan, ragam sapaan, menurut mitra tutur, dan tujuan penutur dengan baik.

7.8     Peserta didik menganalisis ragam teks deskripsi lisan dengan membandingkan ciri-ciri kalimat yang menjelaskan objek yang berbeda dengan baik

1.      Membandingkan informasi lisan

dalam “Jelajah Wae Rebo” dan “Jelajah Rasa di Lampung”.

2.      Ciri-ciri Objek

3.      Kalimat perinci

4.      Kata konkret

1.      Menyimak teks deskripsi lisan.

2.      Membandingkan informasi lisan dilihat dari objek yang dijelaskan, ragam sapaan, mitra tutur, dan rujuan penutur.

3.      Membandingkan ciri-ciri kalimat yang menjelaskan objek yang berbeda.

Diskusi Observasi (pengamata n langsung)

Tertulis

3 JP

Buku Peserta Didik.

Alam sekitar Pengalaman Pribadi YouTube

7.9 Pesert didik menyajikan teks deskripsi dengan baik melalui latihan menyunting penggunaan huruf kapital, tanda titik, tanda

Menyunting Huruf Kapital, tanda titik dan koma, serta penulisan kata depan dalam teks

1.      Membaca teks deskripsi.

2.      Mengenali tanda baca dalam teks deskrips.

3.      Menyunting huruf kapital, tanda titik dan

Observasi pustaka Latihan Diskusi

Tertulis

3 JP

Buku Peserta Didik.

 

Laman Badan Bahasa


 

koma, serta kata depan dalam kalimat dengan tepat.

“Berkunjung ke Negeri di atas Awan”.

koma, serta penulisan kata depan dalam teks

 

 

 

Kemendikbud

.

 

Media Cetak

7.10 Peserta didik mampu menulis teks deskripsi sederhana dengan berlatih menjelaskan benda kesukaannya dengan baik sesuai dengan konteks dan pembaca.

Mengembangkan kerangka karangan bertema benda kesukaan

1.      Menyusun kerangka kara gan/teks bertema benda kesukaan

2.      Memaparkan ciri benda kesukaan.

Latihan

Produk

3 JP

Buku Peserta Didik.

 

Laman Badan Bahasa Kemendikbud

.

7.11 Peserta didik memahami paparan orang lain dengan gestur yang baik dan menghargai dengan berlatih menilai paparan lisan teman.

Menilai efektitivitas penyajian deskripsi lisan

1.    Menyimak paparan teman.

2.    Menilai paparan teman.

Diskusi

Lisan

3 JP

Buku Peserta Didik.

 

YouTube Media Elektrinik

BAB II BERKELANA DI DUNIA IMAJINASI

Dengan mengenali isi dan unsur puisi rakyat dan cerita fantasi yang dibaca dan diperdengarkan kepadanya, peserta didik dapat menelaah penokohan dan

alur pada cerita fantasi, kemudian berkreasi dengan puisi rakyat dan cerita fantasi secara baik dan menarik.

Tujuan Pembelajaran

Materi Pokok

Kegiatan

Metode

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber

7.1 Peserta didik mengungkapkan pemahamannya terhadap cerita rakyat (dongeng/legenda)

1. Mengakses informasi dan mengambil simpulan dari cerita fantasi “asal-usul gunung tugel yang ada di daerah Sragen.

1.   Mengakses informasi dan mengambil simpulan dari cerita fantasi “asal- usul gunung tugel” yang ada di daerah Sragen.

Diskusi daring

Tertulis

3 jp

Buku Peserta Didik.

 

YouTube Media Elektrinik


 

7.2 Peserta didik mampu mengidentifikasi cerita fantasi (Tema, Watak,Tokoh,alur, dan latar tempat) yang ada di dalam cerita fantasi.

1.      Menceritakan kembali isi cerita fantasi yang di baca/ di dengar.

2.      Memamahi dan Menentukan Tema

3.      Menentukan watak

4.      Menentukan alur

5.      menetukan tokoh

6.      menentukan latar di dalam cerita

1.      Menceritakan kembali isi cerita “asal- usul gunung tugel” yang di baca/ di dengar.

2.      Menentukan Tema

3.      Menentukan watak

4.      Menentukan alur

5.      menetukan tokoh

6.      menentukan latar di dalam cerita asal- usul gunung tugel.

Diskusi daring

proyek

3JP

Buku Peserta Didik.

 

YouTube Media Elektrinik

7.3 Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai keajaiban yang muncul di dalam cerita fantasi.

Mengidentifikasi keajaiban/kejadian yang ajaib yang muncul di dalam cerita.

Mengidentifikasi keajaiban/kejadian yang ajaib yang muncul di dalam cerita.”Tukang Sepatu dan Liliput”

Diskusi daring

tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik

7.4 Peserta didik mampu menulis cerita fantasi yang ada di daerah setempat/ di nusantara

Menyajikan cerita fantasi yang bertema legenda/mitos di daerah setempat/nusantara

1.      Menyusun kerangka kara gan/cerita fantasi yang ada di daerah setempat.

2.      Menyajikan cerita fantasi yang ada di daerah setempat/nusantara

Diskusi daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik

7.5 Peserta didik mampu menggunakan dan mengembangkan kosa kata

Menelaah penggunaan bahasa pada cerita fantasi

1.      Penggunaan kata ganti nama orang sebagai sudut pandang

2.      Penggunaan kata kias dalam cerita

Diskusi daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik

7.6 Peserta didik mampu menelaah

struktur cerita fantasi.

Menelaah struktur

cerita fantasi

Menelaah struktur

orientasi, rkomplikasi

Diskusi

daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta

Didik.


 

 

Menentukan Orientasi, komplikasi, dan resolusi

dan resolusi di dalam cerita “sapi berganti kulit”

 

 

 

 

Website dan Media Elektrinik

BAB III HAL YANG BAIK BAGI TUBUH

Dengan menelaah unsur, ciri kebahasaan, serta jenis kalimat dalam teks prosedur yang dibaca dan diperdengarkan kepadanya, peserta didik dapat

menyajikan teks prosedur sederhana tentang hidup sehat secara lisan, tertulis, dan audiovisual secara efektif dan menarik

Tujuan Pembelajaran

Materi Pokok

Kegiatan

Metode

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber

7.1 Peserta didik berlatih mengakses informasi dan membuat simpulan dengan menjawab pertanyaan terhadap teks “Tip Sehat dan Bugar di Masa Remaja” dengan baik.

. Memahami isi teks prosedur

. Memahami isi teks prosedur

Daring

Lisan

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik

7.2 Peserta didik berlatih mengakses informasi dan menilai materi bacaan dengan menghubungkan materi tersebut dengan pengalamannya secara relektif.

7. 3 Peserta didik mengenali ciri teks prosedur dengan membandingkan tujuan penulisan pada dua teks prosedur dengan baik.

Menyimpulkan isi teks prosedur

Mengenali tujuan teks prosedur

Menyimpulkan isi teks prosedur

Mengenali tujuan teks prosedur

Daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik

7.4 Peserta didik mampu mengidentifikasi cara membuat makanan/ minuman/tarian khas daerah setempat

Mengeidentifikasi tujuan teks prosedur Mengeidentifikasi ciri- ciri teks prosedur Mengeidentifikasi fungsi teks prosedur

Mengidentifikasi cara membuat makanan/ minuman/tarian khas daerah setempat “Kripik Tempe”

Daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik


 

7.5 Peserta didik mampu Mengidentifikasi alat, bahan dan langkah-langkah dalam membuat teks prosedur

Mengeidentifikasi alat dan bahaan apa saja yang di gunakan di dalam membuuat teks prosedur

menyusun alat dan bahan apa saja yang akan di gunakan di dalam membuat “nasi

Goreng”

Daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik

7.6 Peserta didik mampu Melakukan percobaan membuat makanan/minuman.

Menuliskan langkah- langkah dalam dalam teks prosedur

Menuliskan cara membuat makanan/minuman khas daerah setempat

Daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik

7.6 Peserta didik mampu menggunakan dan mengembangkan kosa kata da kaidah kebahasaan teks prosedur.

Menemukan struktur dan kaidaah kebahasaan teks prosedur

Menelaah struktur teks prosedur bagian pendahuluan (tujuan) Alat dan bahan (material)

Langkah-langkah simpulan

Daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik

7.8 Peserta didik mampu Mengeksplorasi beberapa jenis-jenis teks proedur

Mengidentifikasi jenis- jenis teks prosedur.

Mengidentifikasi jenis- jenis teks prosedur dari segi tujuan dan penyajian.

Daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik

BAB IV AKSI NYATA PELINDUNG BUMI

Dengan mengkaji struktur, ciri, dan keakuratan dalam teks berita eksplanasi yang dibaca dan diperdengarkan kepadanya, peserta didik mengembangkan

literasi informasi dan kecakapan untuk menyajikan teks berita sederhana dengan baik, menarik, dan akurat.

Tujuan Pembelajaran

Materi Pokok

Kegiatan

Metode

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

7.1 Peserta didik menerapkan strategi

memahami teks berita eksplanasi dengan

Memahami isi berita

dengan strategi prediksi

Memahami isi berita

dengan strategi prediksi

Daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta

Didik.


 

mengonirmasi prediksi yang telah dibuatnya dengan tepat.

 

 

 

 

 

 

Website dan Media Elektrinik

7.2 Peserta didik berlatih menerapkan strategi kosakata dengan menemukan arti kata pada kamus atau ensiklopedia dengan mandiri.

Mencari kosakata baru untuk memahami berita

Mencari kosakata baru untuk memahami berita

Daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik

7.3 Peserta didik mengenali ragam berita dalam jenis media yang berbeda dengan membandingkan itur berita

Mengenali ragam berita dalam jenis media yang berbeda

Membandingkan berita cetak dan digital

Daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik

7.4 Peserta didik mengenali fitur dalam teks berita audiovisual dengan menyimpulkan informasi dan menemukenali itur di dalamnya dengan baik.

Mengenali fitur dalam teks berita audiovisual dengan menyimpulkan informasi

Menganalisis berita audiovisual

Daring

Proyek

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik

7.5 Peserta didik menyimpulkan perbandingannya terhadap berita pada ragam media dengan membandingkan teks pada judul, teras, dan isi berita cetak, daring, dan audiovisual dengan jeli.

Membandingkan teks pada judul, teras, dan isi berita cetak, daring, dan audiovisual dengan jeli

Mengidentiikasi unsur berita di berbagai media

Daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik


 

7.6 Peserta didik memperdalam pengetahuan tentang unsur kebahasaan dalam teks berita eksplanasi dengan menandai jenis kalimat dalam teks berita tersebut dengan teliti.

Memperdalam pengetahuan tentang unsur kebahasaan dalam teks berita eksplanasi dengan menandai jenis kalimat dalam teks berita

Mencermati unsur kebahasaan dalam berita eksplanasi

Daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik

7.7 Peserta didik mengembangkan keterampilan memilah informasi dengan kritis dengan menganalisis kevalidan sumber berita dengan kritis.

Mengembangkan keterampilan memilah informasi

Menganalisis sumber berita

Daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik

7.8 . Peserta didik berlatih menyampaikan informasi secara sistematis, terstruktur, dan efektif melalui kegiatan menulis teks berita sederhana dengan baik dan akurat.

Menyampaikan informasi secara sistematis, terstruktur, dan efektif

Menulis berita

Daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik

BAB VI TEKS SURAT

Dengan mengenali dan mendiskusikan jenis-jenis pesan dan unsur surat yang dibaca, peserta didik mengembangkan keterampilan berkomunikasi efektif,

santun, dan kritis secara lisan dan tulis melalui beragam media.

Tujuan Pembelajaran

Materi Pokok

Kegiatan

Metode

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber

7.1 Peserta didik melatih kemampuannya mengakses informasi dan menganalisis tujuan penulisan surat melalui kegiatan menjawab pertanyaan secara tepat.

Mengakses informasi dan menganalisis tujuan penulisan surat melalui kegiatan menjawab pertanyaan secara tepat

Menganalisis isi dan tujuan dalam surat pribadi

Daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik

7.2 Peserta didik mengenal surat resmi

dengan menganalisis bentuk, isi bahasanya

surat resmi dengan

menganalisis bentuk, isi

Menganalisis isi dan

tujuan dalam surat resmi

Daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta

Didik.


 

dan membandingkannya dengan surat pribadi dengan baik.

bahasanya dan membandingkannya dengan surat pribadi dengan baik.

 

 

 

 

 

Website dan Media Elektrinik

7.3 Peserta didik memahami isi surat resmi dengan berlatih menggunakan kosakata baru dalam beragam konteks dengan baik

Memahami isi surat resmi dengan berlatih menggunakan kosakata baru dalam beragam konteks

Membedah kosakata dalam surat resmi.

Daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik

7.4 Peserta didik membandingkan surat pribadi dan surat resmi dengan menemukenali perbedaan bentuk, unsur, tujuan, serta aspek kebahasaan dalam surat pribadi dan surat resmi dengan teliti.

Membandingkan surat pribadi dan surat resmi dengan menemukenali perbedaan bentuk, unsur, tujuan, serta aspek kebahasaan dalam surat pribadi dan surat resmi

dengan teliti

Membandingkan surat pribadi dan surat resmi

Daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik

7.5 Peserta didik mendiskusikan perbandingan surat pembaca dan surat resmi dengan merujuk kepada informasi pendukung, yaitu aspek surat, dengan baik.

Mendiskusikan perbandingan surat pembaca dan surat resmi dengan merujuk kepada informasi pendukung, yaitu aspek surat, dengan baik.

Mencermati isi surat pembaca

Daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik

7.6 Peserta didik mengenali konteks dan mitra bincang dalam kegiatan komunikasi dengan menganalisis kata sapaan untuk pembicaraan di media sosial dengan baik.

Mengenali konteks dan mitra bincang dalam kegiatan komunikasi dengan menganalisis kata sapaan untuk pembicaraan di media sosial dengan baik

Mengenal kata sapaan

Daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik


 

7.7 . Peserta didik memahami unsur kebahasaan dalam surat dengan menandai penggunaan pronomina dalam surat pembaca, surat resmi, surat pribadi, dan pesan di media sosial yang telah dibacanya.

Menandai penggunaan pronomina dalam surat

Menandai penggunaan pronomina dalam surat

Daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik

7.8 Peserta didik berkomunikasi secara tertulis dengan menulis pesan secara ringkas dan santun.

Mengenal kata baku dan tidak baku

Mengenal kata baku dan tidak baku

Daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik

7.9 a. Peserta didik berlatih menulis surat resmi dengan melengkapi draf surat dengan kosakata baku yang tepat

Menulis surat resmi

Menulis surat resmi

Daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik

7.9 bPeserta didik berlatih berkomunikasi secara tertulis sesuai tujuan dan konteks dengan menulis surat pribadi kepada seorang sahabat menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun.

Menulis surat pribadi

Menulis surat pribadi

Daring

Tertulis

3JP

Buku Peserta Didik.

 

Website dan Media Elektrinik

 

Keterangan :

* Pada setiap penyajian materi dapat dipilih Profil Pelajar Pancasila yang sesuai.

** Format dan pertemuan serta jumlah jam pembelajaran dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik.


Tangen, 15 Agustus 2021

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                                                                                                      Guru Matapelajaran

 

 

 

 

 

Tri Wahyuni, S.Pd.,M.Pd.                                                                                                                Dea Nita Wardani, S.Pd.

NIP.1971022319941220022                                                                                                                                                            NIP. _-

Post a Comment

Previous Post Next Post